Dampak PPKM, Warga Bumi Mas Banyuasin Sumringah Dapat Bantuan Beras

PALEMBANG – Sejumlah warga di perumahan Bumi Mas Indah, Kelurahan Tanah Mas KM 14, Kabupaten Banyuasin yang terdampak Covid 19 akhirnya bisa tersenyum sumringah, setelah mendapatkan beras bantuan dari

Gubernur pada Kamis (12/8) pagi. Adapun penyerahan bantuan sosial tersebut diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya.

Seperti dituturkan Ibrahim (51), warga yang sehari-harinya merupakan sopir bus mahasiswa ini, menurutnya sudah 2 tahun belakangan Ia banyak menganggur di rumah.

Hal itu dikarenakan tak ada penumpang yang diangkut. Karena itu pula Ia merasakan betul dampak pandemi Covid 19 dan PPKM Level IV.

“Beberapa bulan lalu seminggu sekali masih narik  penumpang kondangan atau mudik. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi terutama sejak PPKM,” ujarnya.

Karena itu Ibrahim mengaku senang betul dengan adanya bantuan beras dari Pemprov Sumsel. Menurutnya perhatian Gubernur tersebut setidaknya dapat mengurangi beban mereka dalam menghadapi pandemi.

“Kami sangat berterima kasih sekali. Harapannya bantuan ini bisa terus diberikan kepada warga seperti kami,” ucapnya.

Selain Ibrahim, warga lainnya Nisa (36), juga menuturkan hal serupa. Menurutnya wanita yang sehari-harinya berdagang ikan ini pandemi benar-benar berdampak pada mata pencahariannya.

Pembeli yang minim dan sejumlah pembatasan membuatnya sudah sebulan terakhir tidak berjualan. Akibatnya Iapun kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Makanya pas dikasih tahu pak RT ada bantuan  beras dari Gubernur kami senang sekali. Semoga  bantuan ini bisa rutin. Karena ini meringankan sekali beban kami,” tuturnya bersemangat.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya mengatakan dampak pandemi Covid 19 sangat dirasakan masyarakat Indonesia tak terkecuali masyarakat Sumsel khususnya di Palembang.

Hal ini berdampak pada kondisi perekonomian yang menurun, kesehatan masyarakat yabg terancam serta daya beli masyarakat berkurang bahkan sebagian masyarakat kehilangan pekerjaannya.

“Oleh karena itu peran serta semua komponen masyarakat baik pemerintah maupun swasta sangat diperlukan agar kondisi menjadi lebih baik,” jelas Mawardi saat membagikan bansos beras secara simbolis.

Sebagai bentuk perhatian Pemprov Sumsel membantu warganya, sejak beberapa waktu lalu Pemprov telah menyalurkan bantuan sosial beras PPKM tahun 2021 kepada masyarakat Sumsel yang terdampak pandemi.

“Hari ini Pemprov Sumsel melalui anggaran APBD Pemprov akan menyalurkan bantuan sosial beras kepada masyarakat yang belum.tersentuh bantuan sosial dari pusat melalui program PKH, program BPNT (kartu sembako), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bantuan lainnya yang disalurkan melalui program pemerintah pusat,” ujar Mawardi.

Lebih jauh dikatakannya di Kelurahan Tanah Mas ini tentu masih banyak masyarakat yang terdampak Covid dan pemberlakuan PPKM yang perlu mendapatkan perhatian.

“Makanya kita himbau Lurah dan pejabat setempat  bantuan ini harus tepat sasaran,’ jelasnya.

Dalam kesempatan warga tampak menerima pemberian Pemprov. Mereka ini berasal dari beragam kalangan mulai dari penarik becak, pedagang bakso, pedagang ikan, ojek online dan lainnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemprov Sumsel, Mirwansyah mengatakan dalam program bansos ini, Pemprov menargetkan sebanyak 1000 ton beras akan dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid.

Oleh karena itu penyaluran ini gencar mereka lakukan ke sejumlah kabupaten/ kota se Sumsel untuk membantu warga yang membutuhkan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumsel, Iriansyah, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel, Kurniawan, Lurah Tanah Mas, Haidir, Ketua Forum Masyarakat Bumi Mas Indah Bersatu, Heriadi serta para penerima bansos beras.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *