Danrem 044/Gapo Hadiri Rakor Perluasan Areal Tanam dan Pompanisasi Bersama Wamentan RI di Sumsel

TRIKPOS.COM, PALEMBANG, 22 Agustus 2024– Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir, S.Sos., M.M., menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Perluasan Areal Tanam (PAT), Pompanisasi, dan Pembinaan Penyuluh Pertanian Provinsi Sumatera Selatan, yang dipimpin oleh Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Sudaryo, B.Eng., M.M., MBA, pada Kamis (22/8/2024). Rakor ini diadakan di Makodam II/Swj sebagai bagian dari kunjungan kerja Wamentan ke Sumatera Selatan.

Kapenrem 044/Gapo, Mayor Inf Jauhari, menyampaikan bahwa Wamentan RI memberikan apresiasi atas sinergi yang terjalin antara berbagai komponen, termasuk jajaran TNI AD, dalam mendukung program Kementerian Pertanian. “Wamentan RI mengapresiasi peran Pangdam, Danrem, Dandim, hingga Babinsa yang aktif di lapangan demi menyukseskan program ini,” ujar Kapenrem.

Dalam Rakor tersebut, Wamentan menegaskan pentingnya peran Sumatera Selatan sebagai salah satu penyangga pangan nasional. Ia juga mengumumkan bahwa akan ada reward bagi penyuluh pertanian dan babinsa terbaik, berupa kesempatan untuk melakukan studi banding ke luar negeri, guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan mereka.

Wamentan juga menyoroti percepatan konstruksi yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Pertanian bersama Dinas Pertanian Kabupaten dan Kota. “Kami berharap, pada awal September konstruksi selesai, sehingga pada awal Oktober saat musim hujan tiba, petani bisa mulai menanam,” tambahnya.

Melalui program Opla ini, Wamentan optimis bahwa hasil pertanian akan surplus, dan Indonesia tidak perlu lagi mengimpor beras di masa depan.

a64e9001-72f3-4c2d-93ce-66e0c9bd650f