Jokowi : Ada Risiko 500 Juta Orang Akan Kelaparan di Seluruh Dunia

Foto : Presiden RI Joko Widodo

TRIKPOS.COM, JAKARTA| Presiden Joko Widodo menyampaikan, ada risiko 500 juta orang di seluruh dunia akan kelaparan. Hal tersebut terjadi karena menurunnya produktivitas pertanian akibat masalah air.

“Air adalah sumber kehidupan. Dan bukan hanya untuk aktivitas sehari hari tapi penting sekali saat ini karena semua negara produktivitas pertaniannya turun, produksi berasnya turun, ada potensi 500 juta orang akan kelaparan di seluruh dunia,” kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Pamukkulu dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (5/7/2024).

Oleh karena itu, Jokowi menyampaikan, pemerintah membagikan pompa-pompa air untuk mengairi sawah tadah hujan dan ladang lainnya di tengah ancaman kekeringan dan El Nino.

Lewat pompanisasi, air dari berbagai sumber seperti bendungan mampu ditarik untuk mengairi sawah “Tadi pagi kita membagikan pompa untuk menaikkan air dari sungai ke sawah agar produksi beras kita tidak jatuh, anjlok karena kemungkinan adanya kekeringan panjang,” ucap dia.

Untuk Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan sendiri, kata Jokowi, pemerintah sudah membagikan 80 unit pompa. Jumlah yang dibagikan di Tanah Air sebanyak 20.000 pompa, dari target 70.000 pompa.

Yang itu akan kita manfaatkan untuk menaikkan produktivitas pertanian kita,” ucap dia.

Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar ini, kata dia, juga berfungsi untuk hal serupa.

Bendungan yang dibangun sejak 2017 itu memakan anggaran Rp 1,6 triliun. Bendungan memiliki daya tampung 82 juta meter kubik dengan luas genangan 460 hektare. “Ini adalah bendungan yang besar dan menghabiskan biaya yang juga sangat besar sekali, Rp 1,6 triliun. Tetapi nanti kita lihat manfaatnya juga akan sangat besar sekali terutama untuk masyarakat di Kabupaten Takalar,” kata Jokowi. (#)

a64e9001-72f3-4c2d-93ce-66e0c9bd650f