Kehilangan Kartu BPJS Kesehatan? Ini Solusinya

Foto : kartu BPJS kesehatan

TRIKPOS.COM | Kehilangan kartu BPJS Kesehatan bisa dialami oleh siapa pun, padahal kartu BPJS Kesehatan menjadi bukti kepesertaan seseorang.

Setiap peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) akan mendapatkan kartu, yang memuat data pribadi pemiliknya meliputi nama, alamat, tanggal lahir, NIK, hingga fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama.

Kartu BPJS Kesehatan biasanya diminta untuk ditunjukkan saat peserta membutuhkan pelayanan kesehatan, baik di puskesmas, klinik, rumah sakit, maupun layanan kesehatan lainnya. Lalu, apa yang harus dilakukan bila kartu BPJS Kesehatan peserta hilang?

Solusi bagi peserta yang kehilangan kartu BPJS Kesehatan Dilansir dari laman resmi BPJS Kesehatan, peserta yang kehilangan kartu BPJS Kesehatan bisa melakukan pencetakan kartu secara mandiri melalui aplikasi Mobile JKN.

Dalam mengakses aplikasi tersebut, Anda terlebih dahulu harus mempunyai akun di aplikasi Mobile JKN. Lebih lanjut, cara mencetak kartu BPJS Kesehatan secara online melalui aplikasi JKN Mobile sebagai berikut:

– Buka aplikasi Mobile JKN

– Masuk dengan NIK, password, dan kode captcha

– Pilih menu “Kartu” yang terletak di bagian bawah tengah layar

– Kartu digital BPJS Kesehatan otomatis akan muncul

– Klik ikon berbentuk kotak surat untuk mengirim kartu digital BPJS Kesehatan ke alamat email peserta

– Klik “Ya” untuk melanjutkan proses pengiriman kartu digital BPJS Kesehatan.

Sebagai informasi, peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan juga bisa menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Anda cukup menunjukkan KTP ke petugas kesehatan untuk mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Itulah informasi mengenai apa yang harus dilakukan apabila kartu BPJS Kesehatan hilang dan cara cetak kartu BPJS Kesehatan secara online melalui aplikasi JKN Mobile.

a64e9001-72f3-4c2d-93ce-66e0c9bd650f