Menparekraf Sandiaga Uno bersama Pj Gubernur Agus Fatoni Kompak Buka Festival Sriwijaya ke-32 di Monpera Palembang

TRIKPOS.COM, PALEMBANG | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni secara kompak membuka Festival Sriwijaya ke-32 Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (21/6/2024).

Dalam kesempatan ini, Menparekraf mengapresiasi kegiatan terselenggaranya Festival Sriwijaya sebagai upaya membangkitkan geliat sektor pariwisata di Sumsel.

“Hari ini kita melihat kebangkitan pariwisata. Mari kita terus berkolaborasi, berkreatif dalam membangkitkan dan mengembangkan pariwisata di Sumatera Selatan,” ucap Menparekraf.

Kemudian, Menparekraf juga menyambut baik kehadiran para delegasi luar negeri yang berasal dari Spanyol dan Mexico yang hadir dalam Festival Sriwijaya tahun ini.

“Saya apresiasi tidak banyak yang bisa mengundang delegasi luar negeri. Oleh karena itu kami apresiasi atas adanya delegasi luar negeri ini,” kata Menparekraf.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengucapkan terima kasih atas kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno secara langsung dalam Festival Sriwijaya ke-23. Dia berharap kehadiran Menparekraf akan mendorong pariwisata serta berimbas pada kemajuan sektor ekonomi dan UMKM di Sumsel.

“Sumsel selalu melakukan Gerakan Serentak. Semua ini  demi kesejahteraan masyarakat Sumsel melalui pengembangan sektor wisata, ekonomi kreatif dan UMKM” ungkapnya.

Oleh karena itu, Fatoni berkomitmen untuk terus melakukan berbagai Gerakan Serentak di berbagai sektor termasuk pariwasata. Dia mengatakan sebagai upaya meningkatkan geliat pariwasata di Sumsel pihaknya akan merevitalisasi Museum Kerajaan Sriwijaya termasuk Museum Tenun.

“Kita juga dalam waktu dekat akan memecahkan rekor Muri dengan meminum kopi terbanyak pinggir tepian Sungai Musi,” ucap Fatoni.

Sementara itu, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Sumsel, Aufa Syahrizal menyebut Festival Sriwijaya akan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 21 hingga 23 Juni 2024 di Monpera Palembang.

“Berbagai kegiatan budaya dari 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel akan digelar yang juga dimeriahkan delegasi Spanyol dan Mexico. Termasuk juga perlombaan seni dan tari budaya,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menparekraf Sandiaga Uno memberikan Penghargaan kepada Pj Gubernur Agus Fatoni  atas terpilihnya Festival Sriwijaya yang masuk dalam Karisma Event Nusantara. Usai seremoni membuka Festival Sriwijaya Menparekraf Sandiaga Uno didampingi  Pj Gubernur Agus Fatoni dan Pj Ketua TP PKK Sumsel Tyas Fatoni meninjau berbagai stand Festival Sriwijaya di kawasan Monpera Palembang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah Forkopimda Sumsel, di antaranya Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati dan para Bupati/Walikota se-Sumsel.

a64e9001-72f3-4c2d-93ce-66e0c9bd650f