Pemangku Kepentingan dan Harapan Kelanjutan Proyek Masjid Sriwijaya

TRIKPOS.COM, PALEMBANG| Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi, S.H., M.S.E., menerima audiensi dari Direktur Utama PT. Yodya Karya (Persero), Colbert Thomas, di Griya Agung Palembang pada Selasa, 23 Juli 2024. Pertemuan ini difokuskan pada kelanjutan pembangunan Masjid Sriwijaya yang diharapkan menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara.

Komitmen dan Tantangan Pemerintah

Elen Setiadi menegaskan komitmen pemerintah untuk melanjutkan pembangunan masjid ini, meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan, terutama terkait lahan. “Pasti kita komit ingin tetap lanjutkan. Tapi tentu kita tidak ingin ini menghasilkan masalah lagi,” ujar Elen. Ia juga menjelaskan bahwa panduan dari Kajati diperlukan untuk memastikan kelanjutan proyek ini tidak menghadapi hambatan hukum.

Perspektif PT. Yodya Karya

Colbert Thomas, Direktur Utama PT. Yodya Karya (Persero), menyatakan harapannya agar proyek ini dapat segera dilanjutkan. Sebagai salah satu pemenang tender konstruksi pembangunan Masjid Sriwijaya, perusahaan ini sangat bersemangat untuk melanjutkan proyek hingga selesai. Thomas juga menyebutkan bahwa PT. Yodya Karya telah dipercaya untuk proyek masjid besar lainnya seperti Masjid Raya Al Jabbar dan Masjid Istiqlal, menunjukkan kapabilitas mereka dalam menangani proyek skala besar.

Kolaborasi dan Sinergi

Pertemuan ini juga dihadiri oleh berbagai pihak penting seperti Komisaris PT Yodya Karya, Didi Apriadi; Senior Vice President Bank Mandiri, Arief Biantoro; Ketua Yayasan Masjid Sriwijaya, Prof. Dr. Zainal Berlian, DBA; dan pemilik lahan, Mularis. Kehadiran mereka menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, perusahaan konstruksi, lembaga keuangan, dan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan Masjid Sriwijaya.

Harapan Masyarakat

Masyarakat Sumatera Selatan menaruh harapan besar pada proyek ini sebagai simbol kebanggaan daerah. Pj Gubernur Elen meminta waktu dan kesabaran dari masyarakat serta pihak terkait, menegaskan bahwa semua langkah sedang diambil untuk memastikan proyek ini dapat dilanjutkan tanpa kendala.

Kesimpulan

Audiensi ini merupakan langkah penting dalam memastikan kelanjutan proyek Masjid Sriwijaya dengan mempertimbangkan semua aspek legal dan ekonomi. Komitmen dan kolaborasi antara berbagai pihak diharapkan dapat membawa proyek ini menuju penyelesaian yang sukses, menjadikan Masjid Sriwijaya sebagai salah satu masjid terbesar dan termegah di Asia Tenggara.

a64e9001-72f3-4c2d-93ce-66e0c9bd650f