Pj Ketua TP PKK Sumsel Hadiri Tribute Indonesia to ASEAN: Promosi Wastra Sumsel di Panggung Internasional

TRIKPOS.COM, JAKARTA, 27 Agustus 2024 – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Melza Elen Setiadi, turut serta dalam acara *A Tribute From Indonesia to ASEAN* yang menjadi bagian dari program diplomasi warisan budaya oleh Yayasan Warisan Budaya Indonesia (WBI). Acara ini berlangsung di Darmawangsa, Jakarta, pada Selasa, 27 Agustus 2024, dan digelar untuk merayakan HUT ke-57 ASEAN.

Dalam perhelatan ini, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI bekerja sama dengan WBI Foundation mempersembahkan koleksi istimewa bertajuk “Batik Kolaborasi Persembahan Indonesia untuk ASEAN”. Batik yang ditampilkan merupakan hasil karya para perajin batik Indonesia, dirancang khusus sebagai simbol persatuan negara-negara ASEAN. Koleksi tersebut terdiri dari Batik Lombon Sewelas Nagari, Batik Udan Liris Sewelas Nagari, dan Batik Sekar Jagad Sewelas Nagari, yang memadukan motif klasik batik dengan flora khas Asia Tenggara, seperti melati, hibiscus, lotus, anggrek, dan lainnya.

Usai menyaksikan parade busana batik, Melza Elen Setiadi menyatakan kekagumannya pada keindahan kain batik yang dipamerkan. Namun, ia juga menekankan bahwa wastra Sumatera Selatan memiliki daya tarik yang tak kalah memukau, seperti kain songket, jumputan, blongket, dan lainnya.

“Kita (Sumsel) juga punya koleksi wastra yang beragam dan menarik. Semoga suatu saat nanti, kain Sumsel bisa menjadi simbol persatuan di ASEAN,” ujarnya.

Melza juga mengajak semua pihak untuk mengunjungi 11 stand pameran Sumsel dalam acara *Kriya Nusa* yang akan berlangsung di JCC esok hari. “Ini adalah kesempatan emas untuk mempromosikan produk kerajinan dan wastra Sumsel di tingkat nasional,” tambahnya.

Acara ini juga menjadi wadah bagi desainer-desainer Indonesia yang banyak menggunakan kain wastra untuk mempromosikan karya-karya mereka, sekaligus memberikan peluang bagi UMKM wastra Indonesia untuk menyalurkan produk mereka ke pasar yang lebih luas, termasuk internasional. (#)

a64e9001-72f3-4c2d-93ce-66e0c9bd650f