Rumah Tak Layak Huni, Sudah 30 Tahun Ditempati Siti Sekeluarga

TRIKPOS.COM, OGAN ILIR – Selama lebih dari 30 tahun, Siti dan keluarganya tinggal di sebuah rumah yang tak layak huni di Desa Sungai Pinang Legati, Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Meski kondisi rumah mereka memprihatinkan, hingga kini belum ada bantuan atau perhatian dari pemerintah setempat.

Menurut keterangan Siti dan beberapa tetangga, suami Siti mengalami keterbatasan fisik, yang membuat keluarga tersebut semakin sulit. Ironisnya, kondisi ini tampaknya diabaikan oleh pemerintah desa. Bahkan, program bedah rumah yang dilaksanakan di desa tersebut seolah tak menyentuh rumah mereka, meski tim bedah rumah kerap melintas di depan rumah Siti.

“Sudah 30 tahun lebih kami tinggal di rumah ini, tapi belum pernah ada bantuan dari pemerintah,” ungkap Siti kepada awak media. “Program bedah rumah di desa kami berjalan, tetapi rumah kami tak pernah dilirik. Sementara rumah-rumah lain yang lebih layak diperbaiki. Kami hanya bisa berharap dan bertanya-tanya mengapa gubuk kami seolah tak terlihat.”

Siti yang sudah lanjut usia juga mengungkapkan bahwa anaknya kini menjadi satu-satunya tulang punggung keluarga, bekerja keras mencari rumput untuk pakan ternak yang dijual seharga Rp 10.000 per karung demi memenuhi kebutuhan hidup mereka.

“Kami hanya berharap ada orang baik yang tergerak hatinya untuk membantu kami,” tutup Siti, penuh harap.

Reporter : Mursalan/Harryadi

a64e9001-72f3-4c2d-93ce-66e0c9bd650f