- 19A23AB2F71BF208052B9B2BF6ABC653

Sumsel Resmi Jadi Tuan Rumah Fornas Tahun 2022

  • Bagikan
Gubernur Sumsel H Herman Deru di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, Kamis (9/9) petang.
Gubernur Sumsel H Herman Deru di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, Kamis (9/9) petang.

PALEMBANG – Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) secara resmi menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke VI Tahun 2022 mendatang.

Penetapan Sumsel sebagai tuan rumah
FORNAS tersebut ditandai Penyerahan Surat Keputusan (SK) penetapan dan Launching FORNAS yang dilakukan langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, Kamis (9/9) petang.

“Sumsel tentu siap sebagai tuan rumah FORNAS dan ini tidak bisa ditawar lagi,” kata Herman Deru.

Menurut Herman Deru, ditunjuknya Sumsel sebagai tuan rumah FORNAS merupakan berkah tersendiri. Dimana diharapkan melalui  FORNAS,  atlet olahraga masyarakat di Sumsel mampu berkiprah di kancah nasional maupun internasional.

Apalagi, pada FORNAS kali ini tidak hanya akan diikuti oleh tingkat Provinsi, namun Kabupaten/Kota Se Indonesia juga ikut berpartisipasi. Bahkan, FORNAS 2022 ini juga akan mengundang atlet dari luar negeri.

“Dukungan seluruh masyarakat Sumsel sangat kita harapkan. Bukan hanya sebagai penonton, tapi juga harus turut berpartisipasi menjadi peserta dalam event tersebut. Termasuk juga masyarakat yang di desa, semua harus berperan,” terangnya.

Dipilihnya Sumsel sebagai tuan rumah, sambungnya, lantaran Sumsel sudah dikenal sebagai daerah yang ramah. Setiap even baik nasional maupun internasional yang digelar di Sumsel, kerap mendapatkan apresiasi karena selalu sukses.

“Kita (Sumsel) ini dipilih, karena kita dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan menerima setiap tamu. Apalagi, Sumsel juga didukung dengan fasilitas olahraga yang memadai,” jelasnya.

Dia menyebut, dalam FORNAS tersebut sedikitnya ada 56 olahraga masyarakat yang akan digelar seperti paralayang, gobak sodor dan lainnya.

“Kita juga meminta olahraga perahu tradisional yang kita sebut perahu bidar juga  dipertandingkan. Even itu akan belangsung pada Juli 2022,” tuturnya.

Semua pertandingan terpusat dilangsungkan di Palembang. Namun, dia juga tetap mempersilahkan kabupaten dan kota lain di Sumsel untuk berpartisipasi menjadi tuan rumah beberapa cabang olahraga tersebut.

“Kabupaten dan Kota di Sumsel  yang merasa mampu dan bersedia, boleh menjadi tuan rumah juga. Karena olahraga yang dipertandingkan  banyak,” imbuhnya.

Agar even teraebut semakin semarak, lanjutnyan Sumsel menjadikan ikan Belida sebagai maskot FORNAS ke VI tersebut.”Sudah lama kita pilih ikan Belida sebagai maskot FORNAS ini, karena kita tahu ikan Belida ini dilindungi. Jadi melalui even ini, kita juga mengajak agar melindungi ikan Belida agar tidak punah,” paparnya.

Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat Hayono Isman mengatakan, KORMI merasa bangga karena olahraga masyarakat masuk dalam agenda nasional.

“Tentu ini akan semakin mendorong prestasi di bidang olahraga,” katanya.

Dia memastikan, dengan adanya FORNAS tersebut tentu akan menjadi wadah bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam bidang olahraga.”Ini momen bagi olahraga masyarakat untuk dapat berkontribusi dalam prestasi. Melalui ini, akan muncul bibit atlet baru yang berprestasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, FORNAS ini merupakan penyegaran terhadap ekosistem olahraga di Indonesia.

“Jika masyarakat bergerak maka kita akan mudah mendapatkan talenta baru di bidang olahraga,” ucapnya.

Apalagi, saat ini Kemenpora tidak membedakan antara atlet difabel dan non difabel.”Kita tidak membedakan itu, semua kita fasilitasi,” tuturnya.

Dia pun memuji kegigihan Gubernur Herman Deru yang peduli akan perkembangan olahraga.”Sumsel ini merupakan daerah penghasil atlet olahraga di Indonesia. Even ini tentu akan sukses. Apalagi, Sumsel memiliki Gubernur yang peduli terhadap olahraga dan berpengalaman di berbagai even,” pungkasnya.

Launching FORNAS 2022 di Sumsel merupakan rangkaian Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38. Dalam launching tersebut, Herman Deru juga kembali menggaungkan gerakan sejuta bola.

Selain itu, Gubernur Herman Deru juga membagikan sejumlah penghargaan kepada insan olahraga di Sumsel mulai dari pembina olahraga seperti Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar dan Ketua KONI Sumsel Hendri Zainuddin, pelatih hingga para atlet.

Selain Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar dan Ketua KONI Sumsel Hendri Zainuddin, launching tersebut juga di hadiri Koordinator Wilayah International Council for Small Business (ICSB) Samantha Tivani Herman Deru, Kapolda Sumsel Irjen Pol Tony Hermanto, Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin, Anggota DPRD Sumsel M Yaser, Fokopimda

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *