Problema P3K Tendik, Ratu Dewa : Kuota Tahap Awal 662

TRIKPOS.COM, PALEMBANG – Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa tegaskan ada 662 kursi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Tenaga Kependidikan (Tendik) di Dinas Pendidikan Kota Palembang.

Menurutnya, saat ini ada sekitar seribu lebih tendik yang terdata di Dinas Pendidikan Kota Palembang baik di jenjang Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Tahap awal di 2024 ini kita alokasikan kuota sebanyak 662 kursi untuk P3K khusus tendik,” paparnya saat bersilahturahmi dengan Dewan Pendidikan Kota Palembang di Gedung Guru PGRI, Kamis (04/07/2024).

Sisanya, lanjut Dewa, akan dilanjutkan pada penerimaan P3K pada periode berikutnya. “Akan kita tuntaskan segera untuk sisa honorer tendik yang belum terjaring P3K tahun 2024,” tambahnya.

Sementara itu, Dewan Pendidikan Kota Palembang sekaligus Ketua PGRI Provinsi Sumatera Selatan, Ahmad Zulinto, mengaku, pihaknya telah menerima laporan tendik yang ada di Kota Palembang mengenai pengangkatannya menjadi P3K. “Sesuai pernyataan Pak Sekda, tahap awal ada 662 kuota untuk P3K tendik tahun 2024,” ucapnya.

Sebagai dewan pendidikan dan juga Ketua PGRI, lanjutnya, pihaknya akan mendorong dan membantu Pemerintah untuk mensejahterakan guru dan tendik yang ada di Kota Palembang. “Akan kita tampung dan menjembatani baik laporan serta kebutuhan baik guru dan tendik kepada pemerintah agar kesejahteraanya terjamin,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga mengupayakan untuk penempatan P3K sesuai dimana mereka bekerja selama ini. Mengingat, bahwa sekolah yang mengusulkan kebutuhan tersebut pasti kekurangan guru dan tendik bila mereka ditempatkan di sekolah lain. “Semoga penempatan mereka nanti akan sesuai dimana tempat mereka menjadi honorer,” tutupnya. (#)