Tokoh Pemuda Serahkan Sepucuk Senpira Lengkap Amunisi di Polsek Kertapati 

Senpira diserahkan langsung tokoh Pemuda Kertapati, Isnaini Khamsin di terima Kapolsek Kertapati AKP Angga Kurniawan, STrk, SIK, di Polsek Kertapati, Selasa (9/7/2024)

TRIKPOS.COM, PALEMBANG | Tokoh pemuda di Palembang menyerahkan satu pucuk senjata api rakitan (Senpira) lengkap dengan empat butir amunisi di Polsek Kertapati, Selasa (9/7/2024).

Senpira diserahkan langsung ketua tokoh Pemuda Kecamatan Kertapati, Asnaini Khamsin di terima Kapolsek Kertapati AKP Angga Kurniawan, STrk, SIK.

Penyerahan ini tertulis dalam berita acara serah terima senpi dan amunisi di Polsek Kertapati berdasarkan SK Kapolri nomor : SKEP/235/VI/2023, tanggal 26 Juni 2023.

Perihal menerima serahan barang bukti amunisi peluru aktif dalam keadaan lengkap satu pucuk Senpira jenis pistol dan empat butir amunisi peluru kaliber 3,38 mm masih aktif.

AKP Angga Kurniawan menyampaikan, penyerahan Senpi lengkap dengan empat butir amunisi ini dalam rangka OPS Senpi Musi 2024.

Dihimbau kepada masyarakat terkhusus wilayah hukum Polsek Kertapati untuk agar tidak ada yang menggunakan senpi yang akan membahayakan.

“Saya berharap apabila ada informasi masyarakat melihat dan mengetahui ataupun menyimpan Senpira tersebut segera di informasikan ke Polsek Kertapati , dihimbau untuk menyerahkan secara sukarela, tentu tidak ada sanksi pidana,” kata Kapolsek.

Lebih lanjut, kata AKP Angga Kurniawan berbeda dengan tangkap tangan karena tercantum dalam Undang-undang darurat tentang kepemilikan senpi dan senjata tajam lainnya. ” Ancaman kurungan lebih dari 10 tahun apabila kedapatan memiliki senpi,” jelas Kapolsek.

Sementara itu, Asnaini Khamsin menyampaikan, melatar belakangi penyerahan Senpira ini melalui pendekatan secara humanis oleh pihak Polsek Kertapati, sehingga timbul kesadaran masyarakat.

“Setelah melakukan pendekatan dan himbauan pihak kepolisian akhirnya Senpira tersebut diserahkan secara sukarela,” kata Isnaini mewakili tokoh pemuda Kecamatan Kertapati, Kota Palembang. (HR)

a64e9001-72f3-4c2d-93ce-66e0c9bd650f