Kolaborasi BI dan Lanal Palembang Tukar Rupiah Susur Pesisir Sungai

TRIKPOS.COM, PALEMBANG| Upaya menjamin ketersediaan uang rupiah dalam jumlah nominal yang cukup, pecahan sesuai, dan tepat waktu dalam kondisi layak edar kepada masyarakat di wilayah pesisir.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan kembali berkolaborasi dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang dalam melaksanakan program Susur Sungai Musi Etape IV.

Mengusung Tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”. Pembukaan kegiatan tersebut dilaksanakan bertempat di River Side Restaurant, Komplek Benteng Kuto Besak (BKB), Selasa (26/3/2024).

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumsel Ricky Perdana Gozali mengatakan bahwa program ini merupakan upaya Bank Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang yang layak edar kepada masyarakat yang berada di daerah pesisir sungai.

Selain itu, dirinya mengaku telah menyiapkan uang dengan berbagai macam pecahan mulai dari seribu hingga seratus ribu rupiah yang nantinya akan di tukarkan kepada masyarakat.

“Untuk susur sungai kali ini kita siapkan uang sekitar Rp 6 miliar untuk ditukarkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Palembang Letkol Laut (P) Yusan Taufik mengatakan ada beberapa daerah yang akan dijangkau pada program Susur Sungai Musi etape keempat kali ini, diantaranya Pulau Kemaro, Desa Muara Padang, Jalur 20 dan Sungai Baung.

Yusan menjelaskan bahwa dalam rangka mendukung program Susur Sungai kali ini pihaknya juga menyiapkan beberapa kapal sebagai sarana operasional untuk menjangkau lokasi yang akan di datangi.

“Untuk kapal kita siapkan ada tiga, yaitu Patkamla Musi, Boat dan Sea Rider,”ucapnya.

Tak hanya itu, Lanal Palembang juga menyiapkan sekitar 80 Personel yang akan diturunkan pada Susur Sungai Musi kali ini.

Untuk diketahui, Program Susur Sungai Musi ini merupakan kali keempat dilaksanakan oleh Bank Indonesia bersama Pangkalan TNI AL Palembang setelah sebelumnya dilaksanakan Susur Sungai Musi Etape III di Desa Pulau Borang dan Desa Pematang Palas di Kecamatan Banyuasin I kabupaten Banyuasin pada bulan November tahun 2023 lalu. (#)