Event SRGF Mampu  Berikan Efek Positif Bagi Perekonomian Warga OKU Selatan

  • Bagikan

TRIKPOS.COM, OKU SELATAN – Tidak kurang 3000 pesepeda dari dalam maupun luar negeri ambil bagian meramaikan event tahunan Sriwijaya Ranau Grand Fondo (SRGF) ke 4 Tahun 2022 yang dipusatkan di Danau Ranau Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan, Sabtu (12/11) pagi.

Tingginya antusias peserta SRGF 2022 disambut baik Gubernur Sumsel H Herman Deru. Bahkan menurut dia dari tahun-ketahun jumlah peserta terus meningkat secara  signifikan. Karena itu kedepan harus lebih dipertajam lagi dari segi kategori lomba maupun destinasi yang ditampilkan agar tak kalah lebih penting. Intinya promosi harus lebih digencarkan.

“Yang lebih penting pola pikir harus diubah bahwa SRGF ini bukan semata- mata kepariwisataan, olahraga ataupun rekreasi. Tapi inilah cara kita menggerakkan ekonomi masyarakat OKU Selatan yang didukung tingginya animo peserta dan dukungan  masyarakat yang luar biasa,” tegas  Herman Deru sesaat sebelum  melepas peserta SRGF 2022  pelataran  Danau Ranau lokasi start dilakukan.

Herman Deru menilai  geliat ekonomi masyarakat sebelum dan pasca  SRGF digelar luar biasa  homestay terisi penuh yang memberikan efek besar terhadap roda perekonomian sekitar.

“Danau ranau memiliki daya pikat yang luar biasa, bukan saja keindahan alamnya namun  budaya dan kulinernya juga  menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tapi  kita  juga tidak mengabaikan  potensi daerah lainnya,” imbuhnya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada TNI/Polri yang sudah menjaga keamanan, kenyamanan bagi para peserta SRGF dan pengunjung  yang datang ke danau ranau.

Lebih jauh Herman Deru membandingkan kenapa Provinsi Bali bisa maju. Karena warganya bisa menjaga kelestarian kearifan lokal.

“Terlaksananya SRGF ini karena terjaganya keamanan. Terimakasih pada aparat keamanan dan masyarakat yang sudah menerima tamu dengan sangat terbuka.

Dengan  ramai orang dari berbagi luar daerah yang datang akan meningkatkan pendapatan  IKM dan UKM ditambah lagi SDA,” ujarnya.

Herman Deru yakin dengan kearifan lokal yang terus terjaga, masyarakatnya menjaga etika dan  ramah tamah  maka OKU Selatan akan lebih cepat maju.

“Kita beruntung memiliki danau ranau ini karena memberikan keberkahan yang luar biasa. Pada tahun 2019 kita sepakat dengan Pak Bupati dan Forkopimda untuk membuat event besar dan bermanfaat bagi kesehatan serta ekonomi masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo merasa bangga bisa kembali melaksanakan gelaran SRGF  untuk keempat kalinya.

“Alhamdulillah berkat dukungan dan support Pak Gubernur serta semua pihak peserta SRGF 2022 pesertanya  mencapai 3000 peserta,” pungkasnya.

SRGF 2022  juga hadiri secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno yang menyambut baik langkah yang diambil Gubernur Herman Deru dengan menggelar event nasional di danau ranau Kabupaten OKU Selatan.

Untuk diketahui  SRGF 2022 melibatkan  peserta dari 29 Provinsi dan  beberapa  negara seperti Negara Ukraina, Rusia , Jerman dan Suriname.

Usai mengikuti SRGF peserta asal Negera Ukraina, Alina merasa senang dan bahagia bisa ikut serta dalam memeriahkan event SRGF 2022 di Danai Ranau.

“Ini pertama kali saya datang ke sini, tapi saya sangat senang dengan pengalaman ini dan bisa bergabung dalam event ini,” ungkapnya dengan bahasa terbata-bata.

Elina menilai event ini sangat bagus dan masyarakat sekitarnya sangat ramah. “Saya rasa ini tempat yang sangat bagus untuk dikunjungi, selain untuk  olahraga juga  rekreasi,”  tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Cris peserta asal Negara Jerman. Dia   sangat  bangga bisa bergabung dalam event SRGF dan ke Danau Ranau baru pertama kalinya.

“Ini pertama kali saya ke Danau Ranau, saya sangat bangga sekali. Pemandangan Danau yang sangat indah, masyarakatnya  sangat ramah  menerima pengunjung,” katanya.

Dalam  SRGF  2022  memperlombakan beberapa kategori dengan berjarak kurang lebih 35 KM dengan   kategori Tiny Wheel Pria/Wanita, Montain Bike Pria/Wanita dan Road Bike Pria/Wanita.

Untuk pemenang Road Bike Pria dimenangkan oleh Jamalidin Novardianto asal Provinsi Jatim sebagai juara satu dan berhak mendapatkan hadiah satu unit mobil.

Sedangkan Juara Kedua Muhammad Abdurahman (Provinsi Jatim), Juara Ketiga Muhammad Ridwan (Provinsi Sultra), Juara Empat, Angga Dwi Wahyu (Provinsi Jatim) dan Juara Kelima, Bambang Suryadi (Provinsi Jatim).

Kategori Road Bike Wanita Juara Pertama Mendapatkan Satu Unit Motor, Magh Firotika Marenda asal Provinsi Jateng.

Kategori Montain Pria, Juara Satu mendapatkan satu unit motor, Feri Yudoyono asal Provinsi Jatim, Juara Kedua, Ihza Muhammad (Lumajang), Juara Ketiga, Zainal Fanani (Lumajang),  Juara Keempat, Ade Agung Diam Tiara (Lahat), dan Juara Kelima, Muhamad Roihan Dzaki (Lahat).

Kategori Montain Bike Wanita Juara Pertama mendapatkan satu unit motor, Sayu Bela Sukma Dewi asal Provinsi Bali, Juara Kedua, Dara Latifa (Provinsi Sumut), Juara Ketiga, Ela Restiyana (Lampung Timur), Juara Keempat, Dela Anjar Wulan (UBK Issi Lumajang) dan Juara Kelima, Pegi Maulida (Team Jabar).

Kategori Tiny Wheel Pria, Juara Pertama mendapat satu unit motor, Rian Setiawan asal Provinsi Lampung, Juara Kedua Febri Latra (Polres Muara Enim),  Juara Ketiga, Andri Ramadhan (Lampung) , Juara Keempat, Muhammad Nur Alif (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan Juara Kelima, Arya Danendra (Prabumulih).

Kemudian kategori Tiny Wheel, Juara Pertama mendapatkan satu unit motor, Rindi Fitriana asal Provinsi Lampung, Juara Kedua, Musriatun (Lampung), Juara Ketiga, Eka Oktaviani (Sumsel) dan Juara Keempat Dwi Januarti (Sumsel).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *