Sumsel  

Herman Deru Salurkan Bantuan Peralatan Usaha Bagi IMKM

TRIKPOS.COM, PALEMBANG – Ratusan Wirausaha Muda, Industri Kecil Menengah (IKM), Usaha Kecil Menengah (IKM), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IMKM)  yang berasal dari 17 Kabupaten/ Kota di Sumsel menerima bantuan   peralatan usaha dari Gubernur Sumsel H Herman Deru, di  Halaman Rumah Dinas Gubernur Griya Agung Palembang, Jumat (30/12) pagi.

Dia menegaskan, bantuan diberikan sebagai bentuk perhatian  atas kegigihan para pelaku usaha yang tetap bertahan di saat pandemi sekaligus sebagai apresiasi atas perannya dalam pengendalian inflasi di Sumsel.

“Sumsel masuk 10 provinsi terbaik di Indonesia dalam pengendalian inflasi. Hal ini bukan hebatnya pemerintah ataupun para pejabat tapi ini hebatnya para pelaku usaha yang dapat tumbuh dan bangkit  ditengah  ketatnya persaingan,” ucapnya.

Selain itu, para pelaku usaha yang mendapatkan bantuan stimulan dari Pemprov Sumsel ini, lanjut Herman Deru  adalah  pelaku usaha yang tetap bertahan di tengah badai pandemi Covid-19.

“Terimakasih pada para pelaku usaha yang telah bekerja luar bisa dalam membangun ekonomi yang tangguh menekan terjadinya gejolak inflasi daerah. Membaiknya ekonomi juga dikarenakan  masyarakat  telah aktif menggalakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP)  sehingga inflasi dapat dikendalikan,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setda   Sumsel, H Edward Candra menyebutkan bantuan   yang disalurkan masing dari Dispora berupa, Mesin Tetas Telur 56 unit, Bioflok ( kolam terpal) 50, Umkm bakery alat oven + mixer 54.

Sedangkan dari Dinas Perdagangan membagikan bantuan  sebanyak 1.400 unit  diperuntukan bagi  UMKM diantaranya berupaya etalase 200 unit, vacuum press makanan 250 unit, vacuum press minuman 250 unit, tenda payung 250 unit, cooler box 200 unit dan timbangan 20 kg 250 unit.

Kemudian disalurkan  bantuan dari  Dinas Koperasi Prov Sumsel  berupa  menjahit sebanyak 120 unit, 8 mesin obras yang  disebar ke  5 kabupaten/kota. Sedangkan mesin kopi diberikan kepada Koperasi Pesona Hutan Kita Binaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel.

Selanjutnya bantuan dari Dinas Perindustrian Sumsel  memberikan bimbingan teknis produksi dan keamanan pangan bagi IKM. Pengolahan Perikanan ke 150 IKM dan Sosialisasi Pemanfaatan E-Katalog bagi pemasaran produk UMKM dalam rangka peningkatan P3DN Sumatera Selatan kepada 100 IKM Palembang-Sosialisasi E-Katalog-Sosialisasi Toko Daring.

Kemudian Bantuan Peralatan Bagi IKM Service Air Conditioner ke 20 IKM diantaranya Tool Kit, Freon Berikut Tabung, Manifold, Tangga, Ampere Meter, Flaring Tool, Pompa Vacuum, Pemotong Pipa, High Pressure Pump Cleaner / Washer serta Bantuan Perlatan Bagi IKM Logam dan Pandai Besi ke 20 IKM    Ogan Ilir Gerinda, Genset, Ragum, Mesin Bor Duduk.

Dilain pihak sejumlah penerima bantuan mengaku sangat senang mendapatkan bantuan dari Gubernur Sumsel dalam  memperlancar pengembangan   usaha yang mereka jalankan. Suci Yolanda salah satunya yang mendapatkan bantuan mesin  penetas telur.

Menurutnya bantuan yang telah diterima  akan sangat bermanfaat  dalam pengembangan usaha yang tengah dirintisnya.

“Terimakasih pak  Gubernur, semoga  ini bisa bermanfaat  dalam pengembangan usaha kami,” tegasnya.

a64e9001-72f3-4c2d-93ce-66e0c9bd650f