IKA FKM Harus Dapat Memotivasi Masyarakat Sumsel Berperilaku Hidup Sehat

  • Bagikan

TRIKPOS.COM, PALEMBANG – Tak hanya fokus membangun pemerataan infrastruktur, Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga memiliki kepedulian yang tinggi pada  kesehatan masyarakatnya.

Demi meningkatkan kesehatan masyarakatnya, Herman Deru bahkan meminta Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) aktif mensosialisasikan dan mengajak masyarakat di seluruh penjuru Sumsel mulai membiasakan diri menerapkan gaya hidup sehat.

Hal itu disampaikannya usai menghadiri Pelantikan Pengurus Nasional IKA FKM Unsri Masa Bakti 2021-2025 dan Seminar Nasional The Importance of Big Datain Improving the Quality of Health System di Hotel the Zuri, Sabtu (15/1) pagi.

” Selama ini penyakit yang banyak menyebabkan kematian seperti jantung, diabetes dan lainnya itu lebih disebabkan karena pola makan yang tidak baik. Makanya disini Saya harap organisasi IKA FKM ini menunjukkan hasil kerjanya secara nyata dengan mensosialisasikan ini ke kab/kota dan mengubah mindset bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Mulai dari sanitasi, higienitas sampai pola makan secara sehat,” jelas Herman Deru.

Menurut Herman Deru tugas tersebut tidaklah sulit mengingat saat ini banyak sekali alumni FKM yang tersebar di Sumsel. Iapun mengakui sangat berharap banyak kepada para alumni FKM yang tentunya sangat didengarkan masyarakat di lapangan.

“Saat ini vaksinasi di Sumsel sudah 82 persen. Tapi cukupkah kita hanya sediakan vaksin? Tidak, kita masih butuh sosialisasi di lapangan. Disinilah kiprah nyata IKA FKM kita nantikan terkait sosialisasi kesehatan masyarakat agar lebih menekankan pencegahan dari pada pengobatan” tambahnya.

Untuk itu pula Herman Deru mengajak semua IKA FKM bersama-sama mengedukasi masyarakat dengan melibatkan pemerintah di kab/kota di Sumsel.

” Selamat kepada pengurus yang dilantik semoga kepengurusan ini membawa FKM menjadi organisasi yang lebih bermanfaat dengan kiprah yang semakin nyata,” ungkapnya.

Sementara Wakil Sekretaris Jendral IKA Unsri, Ir. Suez Amir itu mengatakan bahwa dirinya yakin pada kepengurusan yang baru IKA FKM UNSRI dapat berperan lebih baik dalam mendukung dan mensukseskan setiap program pemerintah yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

“Pesan Ketua Umum, IKA FKM UNSRI dapat lebih aktif berperan dalam mendukung dan mensukseskan program pokok Pemprov Sumsel, diantaranya penanggulangan covid19, penurunan angka stunting dan sumsel mandiri pangan”, ucapnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua IKA Unsri diwakili Wakil Sekretaris Jendral IKA Unsri, Ir. Suez Amir, Direktur Utama BPJS Kesehatan (virtual) Prof. Dr. Ali Ghufran Mukti M.Sc. PH.D, A.AK, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Ir. Zainuddin Nawawi, PH.D, serta Ketua Umum IKA FKM Unsri Mardiana, S.KM.

Sementara itu tampak mendampingi Gubernur Sumsel H. Herman Deru,  Asisten III Bidang Administrasi & Umum, Drs. Nelson Firdaus., M.M, Ka. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumsel, Kurniawan, Ap. M.Si, Ka. Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Dra. Lesty Nurainy, Apt, M.Kes, Karo Humas dan Protokol, Rika Efianti, SE, MM.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.