Sinyal Baru, Koalisi PKS dan Demokrat Pasangan Maju Pilwako Palembang

TRIKPOS.COM, PALEMBANG – Tokoh dan figur partai politik pasangan bakal maju Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Palembang Periode 2024-2029 terus bermunculan.

Kedekatan tokoh politik tersebut ketua DPC Partai Demokrat Palembang Yudha Pratomo Mahyudin (YBM) dengan Ir H Baharuddin MM, ketua DPD PKS kota Palembang membawa sinyal baru.

Sepertinya tak menampik sinyal bakal koalisi Demokrat-PKS yang mulai mengerucut pasca lebaran Idul Fitri 1445 H ini.

Dikatakan YPM, antara Demokrat-PKS memiliki sejarah kedekatan ketika 10 tahun SBY menjabat sebagai Presiden RI 2004-2014.

Dalam Pileg 2024 ini kursi Demokrat 6 dan PKS 5 kursi sehingga total 11 kursi cukup syarat untuk tiket Pilkada Walikota Palembang 2024-2029.

“Saya sudah berkomunikasi dengan PKS dan responnya Alhamdulillah positif,” ungkap YPM sambil tersenyum, Senin (15/4/2024)

Meski diketahui hingga kini belum ada satupun DPP partai politik yang telah memberikan rekomendasi kepada bakal calon walikota maupun bakal calon wawako Palembang, namun setidaknya sudah ada beberapa yang mencoba mengerucutkan pasangan-pasangan calon jelang Pilwako Palembang

Selain pasangan YPM – Bahar dari Demokrat- PKS, juga santer bertebaran baliho pasangan FIRMA (Fitrianti Agustinda dan Prima Salam) yang merupakan koalisi Nasdem – Gerindra.

“Tentunya dinamika politik menjelang Pilkada akan semakin seru, dimana partai-partai akan mencoba untuk membentuk koalisi agar tercukupkan syarat 20 persen

dari total kursi DPRD Kota Palembang atau sejumlah 10 kursi minimal,” kata putra mantan Gubernur Sumsel Prof Dr H Mahyuddin Ns SPOg.

Sebelumnya Ketua DPD PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Kota Palembang, Ir. H. Baharudin, MM mengaku hingga saat ini ada tiga tokoh yang intens berpeluang berkoalisi dengannya untuk maju Pilwako Palembang, 27 November 2024 mendatang.

Ketiga nama itu yakni Ketua DPD Partai Nasdem Kota Palembang yang juga mantan Wawako Hj Fitrianti Agustinda SH MH, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Palembang Yudha Pratomo Mahyuddin M.Sc Ph.D, dan tokoh non partai Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Pemprov Sumsel, Ir. Basyaruddin Akhmad, M.Sc.

Bahar mengaku terus melakukan komunikasi intens dengan semua pihak dan tidak membuka penjaringan bakal calon kepala daerah tidak diumumkan secara terbuka.

“Kalau penjaringan khusus secara terbuka kita tidak ada, tidak diumumkan. Tapi komunikasi ke semua pihak yang memungkinkan atau yang punya potensi sudah dilakukan,” ungkap Baharudin dikutip Sripoku.com.

“Secara substansi pihaknya sudah melakukan penjaringan melalui hasil pemilihan raya kader,” tandasnya. (#)